Cara Mendaftar Di Universitas Terbuka Yang Baik Dan Benar

SAHABAT KAMPUS - Universitas Terbuka merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia yang menggunakan metode jarak jauh dalam proses pembelajarannya. Hal ini memberikan kemudahan bagi mahasiswa dalam melakukan kelanjutan studi. Namun, karena sistemnya yang mandiri, tak jarang calon mahasiswa mengalami kesulitan dalam cara mendaftar di Universitas Terbuka.

Proses pendaftaran di Universitas Terbuka berlangsung selama 2 kali dalam 1 tahun dengan masing - masing pendaftaran memiliki tenggat waktu yang cukup lama. Informasi terkait pendaftaran pun sebenarnya sudah banyak diberikan baik melalui sosial media maupun melalui website resmi Universitas Terbuka.

Berikut Cara Mendaftar di Universitas Terbuka


Cara Daftar Di Universitas Terbuka

Tak jarang calon mahasiswa Universitas Terbuka mengalami kesulitan saat melakukan pendaftaran. Hal ini dikarenakan mereka kurang memiliki inisiatif untuk mengakses informasi yang sudah disediakan baik di sosial media, website resmi, atau tutorial dari YouTube yang diberikan oleh mahasiswa sendiri. Berikut tutorial mendaftar di Universitas Terbuka.

1. Pendaftaran Akun SIA UT


Cara mendaftar di Universitas Terbuka yang pertama adalah dengan melakukan pendaftaran akun SIA UT melalui lama sia.ut.ac.id. Kemudian pilih pengguna baru dan isi data diri mulai dari nama lengkap, usia, tanggal lahir, dan agama. Pastikan isi data tersebut sesuai dengan KTP Anda.

Melalui laman SIA UT ini mahasiswa akan memperoleh beberapa informasi terkait dengan perkuliahan seperti nilai, tugas, ujian, dan tagihan pembayaran. Setelah melakukan pendaftaran akun SIA, Anda dapat melakukan pendaftaran mahasiswa baru di laman yang sama.

2. Lakukan Pembayaran Admisi


Setelah melakukan pendaftaran sebagai mahasiswa baru, Anda biasanya akan diberikan tagihan berupa biaya admisi sebesar Rp100ribu. Ini berbeda dengan biaya semester karena ini merupakan biaya pendaftaran saja. Pembayarannya pun dapat dilakukan melalui mana saja seperti Bank, Alfaqroup, dan e-commerce Tokopedia.

3. Registrasi Data Pribadi


Setelah membayar biaya pendaftaran, cara mendaftar di Universitas Terbuka yang selanjutnya adalah dengan meregistrasikan data pribadi. Isikan seperti nama, asal sekolah, domisili, sampai jurusan yang akan diambil. Pastikan data yang diregistrasikan sudah benar.

4. Unggah Berkas Pendaftaran


Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengunggah berkas pendaftaran. Berkas tersebut di antaranya foto atau scan ijazah, transkip nilai, KTP / Kartu Keluarga, dan beberapa berkas yang bisa diunduh melalui laman UT. Berkas tersebut seperti surat pernyataan masuk Universitas Terbuka dan form data diri.

5. Registrasi Mata Kuliah


Jika Anda telah melakukan unggah berkas, langkah selanjutnya adalah validasi berkas. Tunggu sampai berkas yang diunggah tervalidasi oleh pihak universitas. Setelah itu, Anda bisa mulai melakukan registrasi mata kuliah. Pastikan Anda membaca katalog yang disediakan oleh UT untuk mengetahui mata kuliah apa saja yang diambil.

Bagi mahasiswa paket, mata kuliah telah ditentukan oleh pihak universitas. Maka, Anda tinggal melakukan registrasi tanpa memilih mata kuliah. Sedangkan cara mendaftar di Universitas Terbuka bagi mahasiswa non-paket adalah dengan memilih terlebih dahulu mata kuliah yang ingin diambil kemudian registrasi.

6. Lakukan Pembayaran Mata Kuliah


Langkah terakhir saat melakukan pendaftaran di Universitas Terbuka adalah dengan melakukan pembayaran mata kuliah. Biasanya, pembayaran ini akan diberi tenggat waktu yang cukup lama sehingga Anda bisa mengumpulkan uang terlebih dahulu. Pembayarannya pun bisa dilakukan dari mana saja seperti saat melakukan pembayaran admisi.

Akhir Kata


Itulah cara mendaftar di Universitas Terbuka. Bagi Anda yang ingin mendaftar atau melanjutkan studi di Universitas Terbuka, pastikan data diri dan berkas yang Anda miliki sudah sesuai dengan permintaan pihak universitas.
Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar