Cara Mudah Masuk Universitas Terbuka, Biaya Pendaftaran Cuma 100Ribu!

SAHABAT KAMPUS - Masuk ke jenjang perguruan tinggi dan menjadi mahasiswa merupakan impian bagi sebagian besar mereka yang telah lulus sekolah menengah atas. Namun, tak jarang beberapa dari mereka terkendala dengan masalah biaya. Masuk Universitas Terbuka mungkin bisa jadi pilihan bagi yang ingin melanjutkan kuliah namun memiliki kendala biaya.
Hal ini dikarenakan untuk masuk ke Universitas Terbuka, para pendaftar hanya dibebankan biaya sebesar 100ribu untuk melakukan pendaftaran. Setelah itu, mahasiswa hanya akan dibebankan dengan uang semester yang berkisar tidak lebih dari 4juta khususnya bagi mahasiswa S1.

Kenapa Memilih Masuk Universitas Terbuka?


Universitas Terbuka

Belakangan ini, semakin banyak calon mahasiswa yang memilih Universitas Terbuka sebagai tujuanya melanjutkan studi. Hal ini tentu didasarkan pada beberapa alasan masing - masing. Mulai dari biaya yang terjangkau, jam kuliah yang fleksibel, dan lain - lain. Berikut beberapa faktor yang bisa menjadi alasan Universitas Terbuka sebagai pilihan untuk kuliah:

1. Biaya Terjangkau


Biaya kuliah di Universitas Terbuka bisa dibilang sangat murah dibandingkan dengan perguruan tinggi negeri lainnya. Bahkan, untuk masuk Universitas Terbuka, calon mahasiswa hanya dibebankan biaya sebesar 100ribu sebagai biaya pendaftaran. Setelah itu, mahasiswa hanya dibebankan uang semesteran saja tanpa uang pangkal.

Selain itu, biaya per semesternya pun cukup murah. Untuk mahasiswa yang memilih program paket, maka biayanya mulai dari 1,8jutaan saja. Sedangkan mahasiswa yang memilih program non-paket disesuaikan dengan jumlah sks yang diambil. Biaya per sks mulai dari 35ribuan saja.

2. Jam Kuliah Fleksibel


Selain biaya yang murah, Universitas Terbuka juga memiliki jam kuliah yang fleksibel. Hal ini merupakan keuntungan bagi mereka yang mengambil kuliah sambil bekerja. Mahasiswa pun dibebaskan untuk memilih modus pembelajaran sesuai dengan kesibukan mereka masing - masing. 

Bagi mereka yang masih bekerja, modus tutorial online atau tugas mata kuliah bisa jadi pilihan bagi mereka yang masuk Universitas Terbuka. Modus ini hanya akan dilakukan secara daring melalui e-learning. Sedangkan modus satunya lagi yaitu tutorial tatap muka mewajibkan mahasiswa untuk bertatap muka dalam waktu yang telah ditentukan.

3. Bebas Pilih Mata Kuliah


Ini merupakan keuntungan yang diperoleh bagi mahasiswa yang mengambil non-paket. Mereka diperbolehkan mengambil mata kuliah sesuai dengan keinginan mereka asalkan memenuhi syarat maksimal 20sks. Untuk mendapatkan keuntungan ini, mahasiswa harus memilih Non-Sistem Paket saat melakukan pendaftaran di awal.

Sayangnya, hal ini tidak berlaku bagi mahasiswa yang mengambil sistem paket. Di mana mahasiswa yang mengambil sistem ini harus memenuhi ketentuan dengan mengambil mata kuliah yang sudah ditentukan oleh pihak Universitas Terbuka.

4. Bisa Lulus Lebih Cepat


Sekali lagi, ini merupakan keuntungan bagi mahasiswa yang masuk Universitas Terbuka dengan memilih sistem non-paket. Mereka dibebaskan untuk memilih mata kuliah bahkan diperbolehkan untuk mengambil mata kuliah semester berikutnya selama masih dalam batas 20sks selama satu semester.

Hal ini memungkinkan mahasiswa untuk dapat lulus lebih cepat dari mahasiswa lain pada umumnya. Ini juga menjadi alasan bagi mahasiswa yang memilih Universitas Terbuka sebagai tujuan untuk menempuh pendidikan kuliah.

Universitas Terbuka merupakan perguruan tinggi negeri yang ramah bagi semua kalangan. Tak hanya biaya yang murah, cara masuk universitas terbuka pun sangat mudah. Tidak ada batasan umur dan asal latar belakang keluarga, yang terpenting adalah komitmen dari calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Terbuka.

Akhir Kata


Nah, itulah tadi pembahasan singkat mengenai cara mudah masuk Universitas Terbuka dengan biaya pendaftaran cuma 100Ribu aja lho. Bagaimana calon mahasiswa apakah kamu tertarik melanjutkan kuliah di Universitas Terbuka?.

Tulis ulasan kamu di kolom komentar yaa
Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar