Ini dia Beberapa Manfaat Kurikulum Merdeka yang Bisa dirasakan Oleh Para Pendidik

SAHABAT KAMPUS - Kurikulum Merdeka atau merdeka belajar merupakan suatu program pembelajaran baru yang dikembangkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan dengan tujuan untuk merubah secara signifikan pada sistem pembelajaran di Indonesia. Dengan adanya hal ini apakah ada manfaat kurikulum merdeka yang akan berpengaruh bagus pada sistem belajar di Indonesia?

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan pembahasan mengenai manfaat yang dihasilkan oleh kurikulum merdeka untuk para guru atau pendidik. Penasaran dengan apa saja manfaat yang bisa dihasilkan oleh kurikulum merdeka? Langsung saja simak pembahasan yang akan saya bagikan sebagai berikut.

5 Manfaat Kurikulum Merdeka bagi Pendidik


Manfaat Kurikulum Merdeka

Selain para peserta didik yang merasakan manfaat dan asyiknya sistem pembelajaran merdeka, para tenaga pendidik atau guru ternyata juga mendapatkan manfaat dari proses belajar merdeka ini. Apa saja manfaat yang dirasakan oleh para pendidik? Langsung saja simak ulasan berikut.

1. Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi Para Pendidik


Manfaat kurikulum merdeka untuk para guru atau pendidik yang pertama adalah dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi para guru. Pada sistem belajar merdeka, para guru akan dituntut untuk menjadi lebih kreatif serta inovatif guna meningkatkan aktivitas pembelajaran yang mereka ajarkan pada para peserta didik.

Para pendidik dapat memanfaatkan media apapun guna menunjang kreativitasnya untuk menjalankan pembelajaran merdeka.

2. Kompetensi Guru Meningkat


Selain meningkatkan kreativitas dan inovasi, para guru juga harus meningkatkan kompetensinya guna dapat memberikan pembelajaran yang berkualitas untuk para peserta didik. Misalnya para guru bisa mengajak para siswa untuk menggali pembelajaran secara detail untuk mendapatkan informasi yang lebih tepat.

Dengan tepatnya pembelajaran yang diberikan pada peserta didik, secara otomatis kualitas pembelajaran yang didapatkan para siswa sudah lebih baik yang berarti kompetensi dari seorang guru juga turut meningkat.

3. Lebih Mudah dan Bebas untuk Mengarahkan Pembelajaran


Manfaat kurikulum merdeka selanjutnya adalah mempermudah para guru untuk mengarahkan proses pembelajaran guna mengoptimalkan proses pembelajaran tersebut. Seperti contoh para guru bisa memetakan kompetensi siswa dari para peserta didiknya guna mengoptimalkan bakat dan minat dari para peserta didik.

4. Sosialisasi Antara Guru dan Murid Jadi Lebih Dekat


Dengan adanya sistem belajar merdeka ini membuat para guru dan siswa menjadi lebih dekat akibat efek dari sosialisasi yang lebih intens. Hal ini dikarenakan sistem kurikulum merdeka yang mengharuskan para guru menjadi lebih dekat dengan murid untuk menggali bakat dan minat para pelajar guna mengoptimalkan kemampuan mereka.

Maka dari itu untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan pemetaan yang tepat guna mengetahui perbedaan dari bakat dan minat keseluruhan peserta didik dalam satu rombongan belajar.

5. Berkurangnya Beban Administrasi Guru


Pada tahun-tahun sebelumnya para guru memiliki tanggung jawab untuk menyiapkan administrasi pembelajarannya. Hal ini juga tidak mudah bagi sebagian guru karena tak sedikit juga guru yang merangkap banyak mata pelajaran dalam satu kelas. Dengan banyaknya mapel yang dipegang pastinya juga akan menambah beban administrasinya.

Maka dari itu dengan adanya kurikulum merdeka diharapkan dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan beban administrasi guru karena dalam sistem belajar merdeka para guru hanya diwajibkan untuk mengajar siswa sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

Akhir Kata


Nah itu dia 5 manfaat kurikulum merdeka untuk para pendidik atau guru menurut SAHABAT KAMPUS. Saya rasa cukup sampai di sini saja pembahasan yang bisa saya sampaikan, mohon maaf bila ada kesalahan kata pada artikel di atas. Sekian dari saya untuk kali ini, terimakasih sudah membaca.
Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar