Ini Dia Beberapa Peluang Kerja Jurusan Jurnalistik!

SAHABAT KAMPUS - Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (kuliah) merupakan salah satu upaya untuk mencapai kesuksesan. Sebab kita bisa mendapatkan ilmu yang jauh lebih besar dibandingkan sekolah sebelumnya. Salah satu jurusan yang bisa kamu pilih yaitu jurusan jurnalistik, namun kamu harus paham fashion diri kamu sendiri.

Sebab untuk memilih jurusan, kamu tidak boleh sembarangan dan ikut-ikutan. Kamu harus memiliki bakat dari jurusan yang ingin dipilih tersebut. Akan tetapi jika kamu memiliki fashion seorang jurnalis, maka jurusan yang satu ini paling cocok untuk dipilih. Latar belakang juga menjadi salah satu faktor kesuksesan di jurusan ini.

Nah, pada artikel kali ini kami ingin membahas peluang kerja dari jurusan jurnalistik ini. Jika kamu masih belum menentukan pilihan jurusan kuliah, maka bisa mengikuti artikel kali ini sampai titik terakhir agar paham tentang jurusan jurnalistik, khususnya masalah peluang kerja.

Untuk itu terus ikuti artikel kali ini sampai selesai agar kamu mendapatkan jawabannya. Mari masuk pada pembahasan utama dari artikel kali ini yang cocok untuk kamu perhatikan. Berikut ulasan selengkapnya!

Peluang Kerja Jurusan Jurnalistik :



1. Menjadi wartawan.


Salah satu peluang kerja yang dimiliki oleh jurusan jurnalistik yaitu menjadi seorang wartawan. Seorang jurnalis akan memiliki kemampuan public speaking dan menulis berita yang bagus. Sehingga cocok untuk mencari informasi secepat dan seakurat mungkin. Kemampuan dalam menulis berita memang harus dikuasai di jurusan ini.

Jika kamu memiliki basic menulis berita dengan baik, maka jurusan yang satu ini sangat cocok. Namun kamu harus bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang dipilih, sebab menjadi seorang wartawan harus memberikan berita yang akurat. Jadi itu dia peluang kerja pertama untuk jurusan yang satu ini, bisa jadi kamu menyukainya!

2. Foto Jurnalis.


Salah satu pekerjaan yang bisa kamu dapatkan jika memilih jurusan jurnalistik yaitu menjadi seorang foo jurnalis. Tenaga kerja yang satu ini memiliki sistem pekerjaan yang unik, berbeda dengan wartawan. Kamu harus mengumpulkan foto yang menarik untuk media online, surat kabar, televisi, majalah dan lain-lain.

Seiring berkembangnya zaman, seorang foto jurnalis tidak hanya menyediakan gambar saja. Mereka kini menjadi seorang visual storyteller yang menceritakan kisah fakta berupa tempat, tokoh dan waktu yang akurat. Kamu bisa menjadi seorang foto jurnalis yang keren apabila memilih jurusan kuliah yang satu ini! Sangat menjanjikan, bukan?

3. Copy editor.


Peluang kerja untuk jurusan jurnalistik yaitu menjadi seorang copy editor. Copy editor sendiri merupakan pekerjaan yang sangat bagus dan harus memiliki skill tinggi. Sebab mereka bisa bekerja pada media cetak atau media online untuk menyiapkan naskah dengan cara diedit terlebih dahulu, khususnya sebelum naskah dipublikasikan.

Bahkan seorang copy editor berhak untuk mengubah judul dari suatu naskah agar lebih menarik. Untuk itu kamu berpeluang untuk memiliki peran editing apabila masuk pada jurusan yang satu ini. Jadi itu dia peluang kerja yang ketiga apabila kamu masuk jurusan jurnalistik, apalagi saat ini media online cukup mudah ditemukan.

Sangat mudah untuk menemukan pekerjaan apabila kamu masuk pada jurusan jurnalistik. Tiga diantaranya telah kita bahas pada artikel kali ini dengan pembahasan yang detail. Jadi artikel kali ini bisa menjadi pertimbangan apabila kamu sedang mencari jurusan untuk masuk kuliah. Itu dia 3 peluang kerja di jurusan jurnalistik!
Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar