Mengenal Lebih Jauh Prodi Sistem Informasi, Antara IT dan Manajemen

SAHABAT KAMPUS - Era perkembangan teknologi semakin menuju ke arah yang lebih maju. Seiring dengan kemajuan, diperlukan juga SDM yang memenuhi kualifikasi sesuai dengan kebutuhan masa mendatang yang serba digital. Semakin berkembangnya teknologi membuat banyak pelajar yang memilih IT sebagai jurusan belajar mereka, contohnya prodi sistem informasi.
Prodi yang memiliki mata kuliah antara IT dengan manajemen ini mulai banyak diminati karena kesadaran mereka yang menganggap perubahan di dunia teknologi semakin pesat. Banyak kampus atau universitas yang membuka prodi ini untuk memenuhi kebutuhan SDM yang akan bersaing di masa depan yang serba teknologi ini.

Hal yang Dipelajari di Prodi Sistem Informasi


Sistem Informasi

Sistem informasi merupakan bidang yang menggabungkan ilmu komputer atau IT dengan ilmu manajemen seperti ekonomi dan bisnis. Jurusan ini dinilai memiliki prospek yang baik untuk kedepannya. Lantas apa saja, sih yang dipelajari di jurusan sistem informasi?

Berikut hal yang dipelajari jika Anda mengambil jurusan sistem informasi:

1. Perencanaan Sumber Daya


Ini merupakan salah satu bidang yang berkaitan dengan manajemen. Prodi sistem informasi mengajarkan tentang bagaimana membuat sebuah perencanaan yang berkaitan dengan sumber daya. Hal ini akan sangat dibutuhkan untuk masa mendatang.

2. Pemrograman


Pemrograman merupakan bidang studi yang paling umum diajarkan dalam ranah IT, khususnya sistem informasi. Mahasiswa yang mengambil prodi ini tentu akan bertemu dengan yang namanya coding. Ilmu ini akan terus berkembang dan sangat berguna di masa depan karena kebutuhan akan teknologi yang semakin besar.

3. Manajemen


Tak hanya perencanaan sumber daya, sistem informasi juga mengajarkan manajemen dalam arti luas. Seperti manajemen bisnis, manajemen sumber daya, dan lainnya. Di ranah yang berkaitan dengan IT, manajemen jaringan komputer dan risiko teknologi informasi juga diajarkan di jurusan ini.

4. Analisis Data dan Perangkat Lunak


Perlu Anda ketahui bahwa prodi sistem informasi juga mengajarkan tentang analisis data serta perangkat lunak. Hal ini mengajarkan mahasiswa untuk dapat berpikir kritis dan berlogika dalam membangun sebuah sistem informasi yang baik dan bermanfaat bagi masa depan.

Prospek Kerja Prodi Sistem Informasi


Sistem informasi dinilai sebagai jurusan yang memiliki prospek kerja yang baik. Hal ini ditunjukkan dengan luasnya bidang pekerjaan yang dapat dijangkau oleh jurusan ini. Lantas, akan jadi apa saja kah lulusan sistem informasi di masa mendatang? 

Berikut prospek kerja yang diperoleh dari mengambil jurusan sistem informasi:

1. Konsultan IT


Perkembangan zaman yang makin maju membuat orang mau tidak mau harus beradaptasi. Berbagai perusahaan pun turut beradaptasi dalam hal ini. Lulusan sistem informasi bisa menjadi konsultan bagi mereka yang ingin beradaptasi dengan perkembangan zaman namun kurang melek dengan teknologi. 

2. Developer


Diajarkannya sistem komputasi dan pengaplikasiannya membuat lulusan sistem informasi memiliki kemampuan untuk mengembangkan perangkat lunak atau aplikasi lainnya. Prodi sistem informasi memungkinkan untuk menghasilkan lulusan yang bisa menjadi developer handal sesuai dengan bidang keahlian yang ditekuni.

3. Data Analyst dan Data Scientist


Dalam ranah data mining atau pengelolaan data, lulusan sistem informasi dapat bekerja sebagai data analyst atau data scientist. Bidang pekerjaan ini sedang nge-trend dan dinilai menjadi pekerjaan yang paling banyak dibutuhkan di masa mendatang. Hal ini dikarenakan keahlian data mining yang memerlukan pemikiran kritis dan analisis.

Akhir Kata


Itulah ulasan mengenai prodi sistem informasi menurut SAHABAT KAMPUS  yang bisa Anda jadikan referensi. Perlu diingat bahwa pemilihan jurusan di masa kuliah harus disesuaikan dengan minat, bakat, dan kemampuan Anda. Sistem informasi diperuntukkan bagi Anda yang menyukai tentang teknologi dan manajemen atau analisis yang akan berguna di masa depan.
Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar