Sistem Pendidikan Universitas Terbuka : Fleksibel Dan Jarak Jauh

SAHABAT KAMPUS - Universitas Terbuka merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia yang menerapkan sistem kuliah secara jarak jauh. Sistem pendidikan Universitas Terbuka dinilai efektif dan ramah bagi para pekerja yang ingin meningkatkan ilmu mereka. Tak hanya itu, biaya pendidikan di universitas ini pun dinilai cukup murah.

Banyak orang yang memilih Universitas Terbuka sebagai pilihan untuk melanjutkan studi. Mulai dari fresh graduate sampai yang sudah bekerja, banyak yang berkuliah di Universitas Terbuka. Kampus ini telah tersebar di seluruh Indonesia bahkan hingga luar negeri. Masing - masing wilayah memiliki kantor sendiri untuk memberikan pelayanan kepada mahasiswanya.

Sistem Pendidikan yang Diterapkan di Universitas Terbuka


Sistem Pendidikan Universitas Terbuka

Banyak orang yang memilih Universitas Terbuka sebagai pilihan untuk melanjutkan studi. Mulai dari fresh graduate sampai yang sudah bekerja, banyak yang berkuliah di Universitas Terbuka. Kampus ini telah tersebar di seluruh Indonesia bahkan hingga luar negeri. Masing - masing wilayah memiliki kantor sendiri untuk memberikan pelayanan kepada mahasiswanya.

1. Waktu Kuliah Fleksibel


Salah satu sistem pendidikan Universitas Terbuka yang paling ikonik adalah waktu kuliahnya yang fleksibel. Mahasiswa diminta untuk belajar secara mandiri menggunakan modul yang dikirim dan dengan bantuan e-learning apabila mereka meregistrasikan tutorial online.

Waktu untuk belajar pun tidak ditentukan oleh universitas. Ini dilakukan agar mereka yang bekerja tetap bisa belajar tanpa terikat waktu. Sistem ini dinilai cukup efektif mengingat kebanyakan mahasiswa Universitas Terbuka merupakan pekerja aktif dan golongan lainnya.

2. Terdiri dari 3 Modus Pembelajaran


Sistem pembelajaran di Universitas Terbuka terdiri dari 3 modus. Pertama, Tutorial Online atau Tuton. Sistem ini merupakan bantuan bagi mahasiswa selama 2 bulan terakhir dalam satu semester berupa materi, diskusi, dan tugas - tugas yang diberikan melalui e-learning.

Kedua, Tugas Mata Kuliah atau TMK. Hampir sama dengan tutorial online, sistem ini diberikan di 2 bulan terakhir dalam satu semester. Bedanya, tidak ada materi dan diskusi melainkan mahasiswa hanya diberi tugas yang harus dikumpulan dengan batas waktu tertentu.

Ketiga, Tutorial Tatap Muka atau TTM. Ini merupakan sistem pendidikan Universitas Terbuka yang sama halnya dengan universitas lain. Hanya saja, tatap muka di Universitas Terbuka biasanya dilakukan di akhir pekan. Untuk mengikuti sistem ini, mahasiswa diwajibkan membayar sekitar Rp150 ribu per mata kuliah dengan jumlah peserta minimal sekitar 20 orang.

3. Belajar Jarak Jauh


Universitas Terbuka menggunakan sistem belajar jarak jauh yang bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Universitas Terbuka telah tersedia di seluruh Indonesia dengan memiliki kantor di masing - masing wilayahnya. Selain itu, universitas ini juga tersedia hingga ke luar negeri melalui KBRI masing - masing negara.

Mahasiswa diminta belajar mandiri secara jarak jauh dengan menggunakan model pembelajaran berupa modul dan tutorial online. Selain itu, mahasiswa juga diberikan tugas - tugas yang dapat dikerjakan di mana saja dan kapan saja dengan deadline tertentu.

4. Terbuka untuk Semua Usia dan Latar Belakang


Sistem pendidikan Universitas Terbuka yang terakhir adalah terbuka untuk semua usia dan latar belakang. Mahasiswa yang ingin mendaftar di Universitas Terbuka tidak dibatasi usia dan latar belakangnya, baik itu pekerja atau fresh graduate sekalipun. Bagi para pekerja, mereka biasanya  mengambil Universitas Terbuka sebagai syarat naik jabatan.

Akhir Kata


Itulah ulasan mengenai sistem pendidikan Universitas Terbuka menurut SAHABAT KAMPUS. Kampus ini cukup ramah bagi Anda yang ingin kuliah dengan waktu yang fleksibel dan bisa dilakukan sambil bekerja. Namun, perlu diingat bahwa semua kelancaran dalam proses kuliah bergantung pada niat, ambisi, dan komitmen masing - masing mahasiswa.
Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar