Berikut Kumpulan Program Studi Fakultas Syari'ah UIN Sunan Kalijaga!

SAHABAT KAMPUS - Apakah kamu pernah mendengar istilah fakultas syari'ah sebelumnya? Di Indonesia terdapat fakultas syari'ah tertua yaitu fakultas syari'ah UIN Sunan Kalijaga. Fakultas yang satu ini banyak diminati oleh para remaja Indonesia karena beberapa alasan. Beberapa diantaranya yaitu karena memiliki program studi yang keren.

Visi fakultas yang satu ini yaitu menjadi lembaga pendidikan tinggi dalam bidang ilmu syari'ah namun tak lepas dari wawasan keIndonesiaan. Tidak hanya itu saja, pasalnya terdapat visi lainnya seperti menjadi lembaga keilmuan yang menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan akhlakul karimah untuk memperkaya kebudayaan umat.

Perlu kamu tahu bahwa fakultas syari'ah UIN Sunan Kalijaga ini memiliki beberapa program studi yang menarik. Beberapa diantaranya akan kita bahas pada artikel kali ini agar kamu memahaminya. Apabila kamu tertarik untuk memilih fakultas yang satu ini, maka tidak ada salahnya apabila mempelajari berbagai program studi terlebih dahulu.

Untuk itu, simak terus artikel kali ini sampai titik terakhir agar kamu tahu apa saja program studinya. Bukan tidak mungkin program studi bisa menarik minat kamu untuk memilih fakultas yang satu ini. Berikut ulasan selengkapnya tentang program studi dari fakultas syari'ah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga yang harus kamu tahu!

Program Studi Fakultas Syari'ah UIN Sunan Kalijaga :



1. Perbandingan madzhab.


Salah satu program studi dari fakultas syari'ah UIN Sunan Kalijaga yaitu perbandingan madzhab. Untuk program studi yang satu ini akan dipelajari oleh mahasiswa S1. Prodi yang biasa disebut dengan istilah PM ini mendidik mahasiswa untuk menjadi sarjana yang memahami ilmu hukum islam, lebih khusus ke hukum perbandingan.

Tujuan dari adanya program studi yang satu ini yaitu untuk menjadi bekal bagi mahasiswa agar memahami pengetahuan teoritis untuk setiap hal yang berkaitan dengan madzhab, perbedaan madzhab, alasan munculnya madzhab, tokoh-tokoh dari madzhab, dll. Jadi itu dia prodi pertama dari fakultas Syari'ah di UIN Sunan Kalijaga.

2. Ilmu Hukum.


Prodi kedua yang harus kamu tahu dari fakultas syari'ah UIN Sunan Kalijaga yaitu ilmu hukum. Mahasiswa yang belajar prodi yang satu ini yaitu mahasiswa S1. Nah, wajib kamu tahu bahwa Prodi yang satu ini merupakan Prodi termuda dari fakultas Syari'ah dan hukum. Meski terbilang muda namun prestasi dari mahasiswanya menjanjikan.

Program studi ini memiliki misi yaitu untuk mengembangkan pendidikan dan pengajaran dalam ilmu hukum secara integratif, meningkatkan penelitian ilmu hukum yang bermanfaat untuk masyarakat dan tentunya kepentingan ilmu pengetahuan. Jadi itu dia program studi kedua pada fakultas syari'ah di UIN Sunan Kalijaga.

3. Siyasah


Untuk program studi ketiga dari fakultas syari'ah UIN Sunan Kalijaga yaitu Siyasah atau hukum tata negara Islam. Prodi yang satu ini dipelajari oleh mahasiswa S1. Program studi ini memiliki peluang kerja yang cukup tinggi sebagai tenaga hukum, peneliti di bidang tenaga hukum, wirausaha serta pengelola bidang tenaga hukum.

Pada prodi ini mahasiswa akan belajar tentang pengaturan masalah kenegaraan yang bersifat luar negeri. Tentu hal ini sangat penting untuk kedaulatan negara lantaran diakui oleh negara lain. Jadi itu dia program studi ketiga yang bisa kamu pelajari pada fakultas Syari'ah di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Ada banyak program studi dari fakultas syariah UIN Sunan Kalijaga yang harus kamu tahu. Tiga diantaranya telah kita bahas pada artikel kali ini dengan ulasan yang menarik. Jadi itu dia beberapa program studi dari fakultas Syariah di Universitas Islam Sunan Kalijaga.
Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar