Berikut Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Sekolah

Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi atau yang sudah biasa kita sebut dengan TIK di sekolah saat ini memang sangatlah penting untuk membantu proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien.

Ada beberapa contoh pemanfaatan TIK di sekolah diantaranya adalah penggunaan dalam platform e-learning, penggunaan video conference, memanfaatkan multimedia dalam proses pembelajaran, dan lain sebagainya.

Kita bisa melihat pemanfaatan di sekolah selengkapnya yang akan dibahas dalam artikel berikut ini, simak baik-baik yaa.

Pengertian Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Sekolah

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah segala bentuk dari banyaknya teknologi yang digunakan untuk menyimpan, memproses, mengambil, dan mengirimkan sebuah informasi secara bentuk digital. TIK mencakup beberapa diantaranya adalah perangkat keras dan perangkat lunak, serta jaringan dan infrastruktur yang digunakan untuk alat transfer informasi.

Menurut Suryanto (2013), TIK adalah suatu penggunaan teknologi yang mengintegrasikan teknologi informasi dan teknologi komunikasi untuk menghasilkan dan mengakses suatu informasi dalam bentuk digital.

Sedangkan menurut Riant Nugroho (2011), TIK adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menyebarluaskan informasi dengan memanfaatkan perangkat lunak dan jaringan komputer.

Contoh teknologi informasi meliputi komputer, Smartphone, Tablet, Perangkat Penyimpanan Data seperti, Harddisk atau USB Drive, Jaringan Komputer seperti, Internet, Aplikasi, dan perangkat lunak seperti program pengolahan data atau Spreadsheet.

Sementara itu, teknologi komunikasi mencakup semua aspek teknologi yang digunakan untum mentransfer informasi dari satu tempat ke tempat lainnya. Sebagai contoh meliputi telepon, video conference, email, media sosial, dan pesan instan.

Kombinasi antar teknologi informasi dan komunikasi ini memberikan banyak sekali manfaat dalam kehidupan sehari-hari, termasuk memudahkan untuk berkomunikasi, meningkatkan efisiensi kerja, mempercepat pengambilan keputusan, memperluas akses informasi, serta bisa juga memfasilitasi proses pembelajaran dan pendidikan jarak jauh.

Dari beberapa penjelasan diatas tadi, dapat disimpulkan bahwa TIK adalah suatu teknologi yang mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk memproses, menyimpan, dan mengirimkan suatu informasi dalam bentuk digital. TIK juga dapat digunakan dalam berbagai banyak keperluan, seperti pendidikan, bisnis, hiburan, dan komunikasi.

Prinsip Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Sekolah

Menurut Suwasih Madya (2011), pemanfaatan sebuah teknologi informasi dan komunikasi di sekolah harus menetapkan beberapa prinsip seperti dibawah ini:
  1. Mempertimbangkan karakteristik peserta didik,pendidik, dan tenaga pendidikan.
  2. Dirancang untuk memperkuat minat dan motivasi kepada pengguna.
  3. Pemanfaatan TIK sebaiknya dapat menumbuhkan kesadaran dan keyakinan akan pentingnya kegiatan berinteraksi secara langsung dengan manusia, dan kecintaanya terhadap alam.
  4. Pemanfaatan TIK sebaiknya mendorong para pengguna untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif.

Cara Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Sekolah

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di sekolah dapat dilakukan dengan berbagai cara diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan E-Learning

Penggunaan platform e-learning memungkinkan para guru untuk memberikan suatu materi dan tugas kepada siswa secara online. Siswa juga dapat mengakses materi atau tugas tersebut darimana saja dan kapan saja diluar jam sekolah.

2. Video Conference

Melalui penggunaan video conference memungkinkan para guru dan siswa dapat berinteraksi secara langsung meskipun sedang jarak jauh. Siswa juga dapat belajar dari rumah dan akan tetap terhubung dengan guru ataupun teman sekelas.

3. Pembelajaran Interaktif

Dengan memanfaatkan multimedia seperti video, gambar, dan animasi, guru dapat membuat sebuah materi pembelajaran yang lebih menarik dan sangat mudah dipahami oleh para siswa.

4. Penggunaan Software Pendukung

Guru dapat menggunakan berbagai jenis software pendukung seperti software pengolah gambar ataupun video editing untuk membantu para siswa dalam membuat presentasi maupun project.

5. Sistem Informasi Akademik

Sistem informasi akademik dapat membantu para guru dalam mengelola data-data siswa seperti absensi, nilai-nilai, dan jadwal pelajaran. Selain daripada itu, sistem ini juga dapat membantu para orang tua murid untuk memantu perkembangan akademik anak-anak mereka.

Demikianlah penjelasan mengenai pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di sekolah, semoga bermanfaat.
Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar