Cara Merawat Laptop Dengan Baik, Wajib Gunakan Tips ini!

Tips merawat laptop dengan baik haruslah kamu ketahui agar laptop yang kamu miliki sekarang ini bisa awet sampai bertahun-tahun. Sebenarnya untuk merawat sebuah laptop itu tidaklah sulit jika dibandingkan dengan merawat komputer, itu dikarenakan komputer memiliki komponen-komponen yang terpisah-pisah sedangkan untuk laptop itu semuanya sudah menjadi satu atau all in one.

Cara Merawat Laptop Dengan Baik

Tetapi jika dibandingkan dengan komputer, laptop jauh lebih sensitif sekali, itu dia jika tidak dirawat dengan baik maka laptop kamu akan berurusan dengan tukang service yang tentunya akan mengeluarkan biaya yang lebih untuk kamu.

Ada pepatah yang mengatakan bahwa halnya lebih baik mencegah daripada mengobati, jadi apabila bisa dijaga dengan baik itu akan lebih bagus daripada harus menunggu sampai rusak dahulu.

Tips Merawat Laptop Dengan Baik

1. Bersihkan Laptop Dari Debu Secara Rutin Dan Teratur

Hal pertama yang harus kamu lakukan, walaupun ini terdengar sepele saja tapi ini juga merupakan cara yang baik untuk menjaga laptop kamu tetap awet. Selain karena alasan kebersihan, dengan membersihkan debu yang ada pada laptop akan mencegah resiko penyumbatan pada kipas pembuangan laptop yang dikarenakan oleh debu.

2. Gunakan Antivirus Yang Baik

Yang kedua sebenarnya ini lebih cenderung kepada software, tetapi ini juga sangat berpengaruh terhadap hardware yang ada di laptop kamu. Mengapa demikian, bila mana laptop kamu memiliki banyak virus tentunya akan membuat kinerja pada laptop kamu semakin melambat.

Mungkin ada beberapa jenis virus yang membuat beban lebih kepada processor dengan cara membuka banyak program dalam waktu yang bersamaan, Jika ini terus-terusan terjadi, mungkin akan terjadi kerusakan pada processor laptop kamu.

3. Jangan Letakkan Barang Yang Berat Diatas Laptop

Meletakkan barang-barang berat seperti buku, kulkas, ataupun semacamnya bisa berpotensi membuat rusaknya layar pada LCD. memang tidak akan langsung begitu rusak, tetapi jika terus melakukan seperti itu LCD pada laptop kamu akan rusak secara perlahan.

Kebetulan mimin pernah mengalami kejadian hal yang sama seperti itu. Awalnya laptop tidak terjadi apa-apa sampai muncul garis-garis seperti TV yang tidak dapat sinyal ketika mimin sedang menggerakkan layar LCD pada laptop. Jadi sekali lagi hindari jangan meletakkan benda-benda berat diatas laptop.

4. Jangan Letakkan Laptop Diatas Permukaan Lembut Seperti Kasur

Ketika laptop sedang dalam keadaan menyala, laptop kamu akan terus mengalirkan hawa panas keluar. itu adalah hal yang wajar, karena ada kinerja dari processor, harddisk, dan komponen-komponen yang ada pada laptop itu semua menghasilkan hawa panas. Oleh karena itu, laptop membuang semua hawa panas keluar.

5. Hindari Laptop Kamu Dari Getaran Dan Alat Elektromagnetik

Sebisa mungkin jauhkan laptop kamu dari getaran dan alat elektromagnetik seperti Loudspeaker, Handphone, dan benda apapun yang memiliki getaran elektromagnetik yang cukup kuat.

6. Perhatikan Suhu Ruangan Kamu

Ini hampir sama halnya dengan poin ke 4. Suhu yang terlalu panas dapat menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen laptop kamu. Jadi selalu perhatikan suhu ruangan kamu, jika memang suhu ruangan terasa panas dan kamu menggunakan laptop untuk waktu yang lama sebaiknya mencoba menggunakan Cooling Pad.

7. Jangan Pernah Coba-coba Memperbaiki Sendiri Ketika Ada Laptop Bermasalah

Jika suatu saat laptop kamu memiliki masalah, jangan pernah berpikir untuk memperbaikinya sendiri. Terlebih lagi jika kamu tidak memiliki keterampilan lebih untuk hal itu, bisa-bisa yang tadinya rusak hanya sepele malah menjadi rusak yang lebih parah.

8. Letakkan Laptop Di Permukaan Yang Datar

Usahakan laptop kamu diletakan dalam permukaan yang datar, kenapa begitu? karena ketika laptop sedang berada dalam keadaan menyala, piringan yang ada di dalam harddisk akan berputar. Jika kamu meletakkan laptop pada sudut kemiringan tertentu itu bisa saja menyebabkan head harddisk yang akan menggores piringan tersebut. Hal ini bisa berujung fatal kepada banyaknya badsector pada harddisk laptop kamu.

9. Hindari Dari Berbagai Benda Cair

Ini sudah pasti tahu, bukan hanya laptop saja tetapi semua barang elektronik memang harus di hindarkan dari berbagai benda cair karena dapat menyebabkan korsleting listrik.

10. Selalu Gunakan Battery Pada Laptop Kamu

Ini yang paling sering terjadi pada sebagian besar pengguna laptop. Mungkin ada dari kamu yang suka melepas battery laptop kamu ketika sedang menggunakan Charger atau daya listrik/DC. Ini adalah suatu hal yang sangat beresiko sekali, jika saja listrik dirumah kamu tiba-tiba padam maka laptop akan langsung seketika mati dan akan berdampak buruk pada komponen-komponen laptop kamu terutama pada harddisk dan mainboard.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu menjaga laptop kamu tetap awet, terimakasih.
Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar