Ini Dia Beberapa Kelebihan Dan Kekurangan Zoom Meeting Yang Wajib Kamu Ketahui!

Zoom Meeting adalah platform konferensi video yang digunakan untuk mengadakan sebuah pertemuan secara online dalam bentuk virtual. Melalui Zoom Meeting, peserta dapan melakukan pertemuan dalam bentuk video ataupun audio dengan menggunakan kamera dan mikrofon dari perangkat lunak mereka. Seperti, komputer, laptop, smartphone, maupun tablet.

Platform ini juga menyediakan berbagai fitur-fitur menarik seperti berbagi layar, berkolaborasi dalam dokumen, mengirim pesan instan, dan juga merekam sebuah pertemuan.

Zoom meeting ini sangat populer sekali di kalangan pembisnis dan pendidikan, terutama dulu selama masa pandemi COVID-19. Platform ini memungkinkan orang-orang untuk tetap terhubung, berkolaborasi, dan berkerja sama secara efektif dan efisien meskipun sedang dalam lokasi yang berbeda.

Dalam Zoom Meeting, seorang host atau pengguna yang mengadakan sebuah rapat pertemuan dapat mengundang peserta lain melalui sebuah tautan atau kode undangan. Peserta yang diundang dapat bergabung kedalam pertemuan tersebut melalui perangkat lunak mereka dan berpartisipasi dalam forum diskusi dan kegiatan lainnya sesuai dengan format pertemuan yang sudah diatur oleh host.

Secara keseluruhan, Zoom Meeting adalah sebuah platform konferensi video yang memungkinkan orang-orang dapat mengadakan rapat atau pertemuan secara online dengan cara yang praktis dan efisien, membantu dalam terhubung dan berkolaborasi secara virtual.

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan pada Zoom Meeting ini? Simak baik-baik artikel berikut ini:

Kelebihan Zoom Meeting

Kelebihan Dan Kekurangan Dari Zoom Meeting

1. Mudah Digunakan

Zoom Meeting dirancang secara intuitif dan mudah untuk digunakan, sehingga para pengguna baru bisa lebih cepat untuk memahami cara menggunakannya. Tidak butuh pengetahuan lebih yang mendalam untuk mengadakan atau bergabung ke dalam sebuah pertemuan.

2. Memiliki Kualitas Video Dan Audio Yang Bagus

Zoom Meeting menawarkan kualitas video dan audio yang sangat bagus dan tinggi, sehingga memungkinkan para peserta untuk melakukan rapat atau pertemuan dengan lancar dan akan terlihat jelas meskipun dengan bandwidth yang sangat terbatas.

3. Memiliki Fitur Kolaborasi Yang Luas

Zoom Meeting memiliki fitur kolaborasi yang sangat keren seperti berbagi layar, berbagi file, whiteboard interaktif, dan fitur polling. Fitur seperti ini akan memungkinkan para peserta untuk berkerja sama secara efektif, berbagi informasi, dan berkolaborasi dengan sangat baik.

4. Memiliki Keamanan Dan Privasi Yang Sangat Canggih

Fitur-fitur yang ada pada Zoom Meeting seperti end-to-end, ruang tunggu, dan pengelolaan akses dapat memastikan setiap pertemuan tetap terjaga aman dan hanya dapat diakses oleh orang-orang yang sudah di undang saja.

Kekurangan Zoom Meeting

1. Keterbatasan Waktu Pada Versi Gratis

Pertemuan dengan tiga peserta atau lebih akan dibatasi hingga 40 menit saja. Untuk pertemuan yang berlangsung lebih lama akan diperlukan berlangganan berbayar.

2. Ketergantungan Pada Koneksi Internet

Seperti halnya pada platform konferensi video lainnya, Zoom Meeting sangat membutuhkan koneksi internet yang stabil dan kuat. Jika koneksi internet di area lemah, akan mempengaruhi kualitas video dan audio pada pertemuan tersebut, itu akan mempengaruhi pertemuan.

3. Terbatasnya Fitur Pada Perangkat Mobile

Meskipun aplikasi Zoom Meeting sudah tersedia pada perangkat mobile, namun ada beberapa fitur-fitur yang tidak tersedia pada versi mobile. hal ini dapat membatasi kemampuan pada pengguna untuk mendapatkan fitur-fitur tertentu saat mereka mengikuti pertemuan melalui ponsel atau tablet.

Demikianlah artikel mengenai tentang kelebihan dan kekurangan pada Zoom Meeting, semoga bermanfaat.
Baca Juga
Berbagi
Suka dengan artikel ini? Ajak temanmu membaca :D
Posting Komentar